Beranda | Artikel
Pokok-pokok Keberhasilan dalam Bermuamalah - Bagian ke-4 - Kitab Fiqhul Akhlaq (Ustadz Abu Yahya Badrusalam, Lc.)
Rabu, 21 Mei 2014

Bersama Pemateri :
Ustadz Abu Yahya Badrusalam

Ceramah agama Islam oleh: Ustadz Abu Yahya Badrusalam, Lc.

Ringkasan Ceramah Agama Islam – Kajian Kitab Fiqhul Akhlaq: Pokok-pokok Keberhasilan dalam Bermu’amalah (Bagian ke-4)

Anjuran untuk Senantiasa Meminta Hidayah kepada Allah

Sebuah pokok yang penting dalam bermu’amalah adalah meminta kepada Allah, agar Allah memberikan kepadanya taufiq dan akhlak yang baik. Karena seorang hamba apabila tidak diberikan taufik oleh Allah, maka ia tidak akan bisa melakukan berbagai macam kebaikan.

Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman:

الْحَمْدُ لِلّهِ الَّذِي هَدَانَا لِهَـذَا وَمَا كُنَّا لِنَهْتَدِيَ لَوْلا أَنْ هَدَانَا اللّهُ

“Segala puji bagi Allah yang telah menunjuki kami kepada (surga) ini. Dan kami sekali-kali tidak akan mendapat petunjuk kalau Allah tidak memberi kami petunjuk.” (QS Al-A’raf [7]: 43)

Allah Subhanahu wa Ta’ala juga berfirman:

مَن يَهْدِ اللَّهُ فَهُوَ الْمُهْتَدِ وَمَن يُضْلِلْ فَلَن تَجِدَ لَهُ وَلِيّاً مُّرْشِداً

“Barangsiapa yang diberi petunjuk oleh Allah, maka dialah yang mendapat petunjuk, dan barangsiapa yang disesatkanNya, maka kamu tidak akan mendapatkan seorang pemimpinpun yang dapat memberi petunjuk kepadanya.” (QS Al-Kahfi [18]: 17)

Dan di dalam hadits qudsi, Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman:

يا عبادي كلكم ضال إلا من هديته فاستهدوني أهدكم

“Wahai para hambaKu, kalian semua tersesat kecuali orang yang Aku beri petunjuk, maka mohonlah petunjuk padaKu, Aku akan beri kalian petunjuk.” (HR Muslim)

Bagaimana penjelasan mengenai hal ini? Simak penjelasan selengkapnya dari pembahasan fikih akhlak oleh Ustadz Badrusalam, Lc. dari bahasan kitab Fiqhul Akhlaq, dengan cara download ceramah agama ini, atau dengarkan langsung dari player yang tersedia. Semoga bermanfaat.

Dengarkan dan Download Ceramah Agama: Pokok-pokok Keberhasilan dalam Bermu’amalah (Bagian ke-4)

Raihlah pahala dan kebaikan dengan membagikan hasil rekaman ataupun link download kajian Islam yang bermanfaat ini, melalui jejaring sosial Facebook, Twitter, dan Google+ yang Anda miliki. Semoga Allah Subhanahu wa Ta’ala membalas kebaikan Anda.


Artikel asli: https://www.radiorodja.com/6589-pokok-pokok-keberhasilan-dalam-bermuamalah-bagian-ke-4-kitab-fiqhul-akhlaq-ustadz-abu-yahya-badrusalam-lc/